MATEMATIKA


belajar mat lagiii

1. Nilai x yang memenuhi persamaan : 4x+3 = adalah... . a. –9/5 b. –2/5 c. 2/5 d. 4/5 e. 9/5 2. Diketahui alog b = x dan alog c = y, maka alog b c5 =... . a. 10/3 xy b. 2x/15y c. 2/3 x + 5y d. x y5 e. 3. Jika  dan  akar-akar persamaan kuadrat x2 + 4x – 3 = 0 maka persamaan kuadrat yang akar-akarnya (3 – 2) dan (3 – 2) adalah.... a. x2 – x – 16 = 0 b. x2 + x – 16 = 0 c. x2 – 16x – 1 = 0 d. x2 – 16x + 1 = 0 e. x2 + 16x + 1 = 0 4. Jumlah empat bilangan bulat positif yang membentuk barisan aritmatika adalah 60. Jika jumlah suku pertama dan suku ketiga adalah 22, maka bilangan terbesar adalah... . a. 24 b. 25 c. 26 d. 27 e. 28 5. Diketahui matriks-matrik: A = dan C = matriks B yang memenuhi A.B.C = I, dengan I matriks identitas adalah... . a. b. c. d. e. 6. Sebuah kotak berisi 6 bola merah, 8 bola biru dan 4 bola kuning. Dari dalam kotak diambil 3 bola sekaligus tanpa pengembalian. Peluang terambil satu bola merah dan dua bola biru adalah... . a. 7/102 b. 7/51 c. 7/95 d. 14/95 e. 21/95 7. Nilai rata-rata yang matematika kelas 3 IPA di sekolah yang terdiri atas 3 kelas A, B, C adalah 6,5. Kelas A dengan 34 siswa memiliki rata-rata 6,8. Kelas B dengan 32 siswa memiliki rata-rata 6,5. Jika ternyata kelas C memiliki rata-rata nilai 6,2 berapakah banyak siswa di kelas C tersebut? a. 28 siswa b. 30 siswa c. 32 siswa d. 34 siswa e. 36 siswa 8. Persamaan : 3 cos x + .sin x = 3 dengan 0 < x < 2 dipenuhi untuk nilai x = ... . a. 1/3 ,  b. 1/3 , 2/3  c. ¼ , 5/4  d. 2/3 ,  e. 5/4 , 3/2  9. Diketahui cos A = dan cos B = dengan sudut A dan B lancip maka nilai dari tan (2A + B) = ... . a. - 3 b. –2 c. - d. 0 e. 2 10. Persamaan garis singgung kurva : y = x - - 2 pada titik dengan absis 1 adalah... . a. y = 2x - y b. y = 2x – 3 c. y = x – 3 d. y = 2x + 3 e. y = 2x + 4 11. Banyak bilangan antara 450 – 1001 yang habis dibagi 8 adalah... . a. 67 b. 68 c. 69 d. 182 e. 183 12. Pada limas tegak T.ABCD dengan alas ABCD bujursangkar dengan sisi = 6 cm, rusuk tegak masing-masing 6 cm. Maka proyeksi AT pada bidang TBD adalah... . a. 3 b. 3 c. 3 d. 6 e. 6 13. Nilai rata-rata matematika kelas II A adalah 6,5 dan nilai rata-rata matematika kelas II B 5,75 perbandingan jumlah siswa kelas IIA : IIB = 3 : 2. Nilai rata-rata kedua kelas tersebut adalah... . a. 5,90 b. 5,50 c. 6,10 d. 6,20 e. 6,30 14. Pada pelemparan dua mata uang dan sebuah dadu bersama-sama, peluang untuk mendapatkan pada mata uang pertama muncul angka dan mata uang kedua muncul gambar dan dadu muncul mata genap adalah... . a. 1/8 b. 5/24 c. ¼ d. ½ e. ¾ 15. Fungsi trigonometri: y = 2 cos x – sin x +1 mempunyai nilai maksimum dan minimum masing-masing adalah... . a. 2 dan 0 b. 3 – dan 1 - c. 4 dan 3 d. 4 dan –2 e. 4 dan –4 16. Persamaan kurva y = x2 – 2x – 3 garis singgung di titik P. y = 4x – 12 maka koordinat titik P adalah... . a. (3, 1) b. (0, 0) c. (3, 0) d. (1, 0) e. (0, 1) 17. Diketahui fungsi f(x) = 2x – 3 dan (fog)(a) = 3 tentukan nilai a jika g(x) = a. –0,4 b. –0,3 c. –0,2 d. –0,1 e. 1 18. P membagi AB di luar dengan perbandingan 7 : 2 jika A(3, 3, 4) dan B(-2, 3, -6), koordinat titik P adalah... . a. (-4, 3, -10) b. (5, 4, 10) c. (-5, 3, -10) d. (4, 3, -10) e. (4, -3, 10) 19. Sistem persamaan : dan maka nilai dari x – y adalah... . a. 2/15 b. 6/15 c. 8/15 d. 2 e. 8 20. Diketahui matriks P = , Q = dan R = jika matriks P – Q = R–1, maka nilai 2x adalah... . a. –2 b. –1 c. – ½ d. 1 e. 2 21. Tentukan bayangan titik A(2, 4) oleh pencerminan terhadap sumbu x kemudian dilanjutkan pencerminan terhadap garis y = x kemudian dilanjutkan perputaran pusat O sejauh 45o. a. (-3 , ) b. (-3 , - ) c. (3 , ) d. (3 , ) e. (-3 , - ) 22. dx = ... . a. e–3x(x2 + x + ) + C b. e–3x (x2 + x + ) + C c. (x2 + x + ) + C d. – e–3x(x2 + x + ) + C e. e–3x(x2 + x + ) + C 23. Turunan kedua dari y = cos x sin x adalah... . a. sin x b. –2 sin 2x c. 2 cos 2x d. cos x e. 2 sin x 24. Turunan pertama dari f(x) = e adalah... . a. f’(x) = e (x2 + 2x + 3) b. f’(x) = (2x + 2) e c. f’(x) = (x2 + 2x + 3) e d. f’(x) = (x2 + 2x + 3) e e. f’(x) = x2e2x+2 25. dx = ... . a. (x + 1) (3x – 2) + C b. (x + 1) (3x + 2) + C c. (x + 1) (3x – 2) + C d. (x + 1) (3x – 2) + C e. (x + 1) (3x + 2) + C 26. Luas daerah yang dibatasi oleh parabola : y2 = 4x dan garis y = 2x – 4 adalah... . a. 4 b. 5 c. 6 d. 8 e. 9 27. {xo, yo, zo} merupakan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan: x + 2y = 5 y + z = 3 x + 4y + z = 9 Nilai xo + yo + zo adalah... . a. 4 b. 5 c. 6 d. 7 e. 8 28. Akar-akar persamaan kuadrat x2 + kx + (k+4) = 0 mempunyai perbandingan 1 : 3. Untuk k > 0, maka hasil kali akar-akarnya adalah... . a. –12 b. –8 c. 8 d. 9 e. 12 29. Deret aritmatika, U3 + U4 = 26 dan 2U7 = 54. Jumlah 9 suku yang pertama deret tersebut adalah... . a. 167 b. 168 c. 171 d. 172 e. 173 30. Barisan geometri, U4 = 24 dan U2.U3 = 72. Besar U7 = ... . a. 96 b. 144 c. 164 d. 172 e. 192

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Larasati Maghtilda IX6. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy